Rabu, 23 November 2011

Harbin, Kota Es berjuluk "Mutiara di leher Angsa"

Harbin merupakan kota industri yang makmur. Harbin juga merupakan pusat politik, ekonomi, ilmiah, budaya, dan komunikasi di China Timur laut. Harbin dikenal sebagai salah satu kota utama di China dan Asia Timur laut.

Harbin memiliki nama julukan 'Mutiara di leher angsa' karena bentuk Heilongjiang yang menyerupai seekor angsa, atau sebagai 'Moskwa Oriental' atau 'Paris Oriental' karena arsitekturnya. Harbin juga dikenal sebagai 'Kota Es' karena musim dinginnya yang panjang dan dingin.

Kota Harbin sangat cantik waktu musim dingin tiba, karena kota akan dipenuhi oleh salju. Kota ini merupakan kota terdingin di dunia yang dapat mencapai suhu minus 30 derajat celcius. Kota ini setiap tahunnya diselenggarakan festival es terbesar di dunia. Festival Internasional Salju dan Es Harbin merupakan acara tahunan di kota Harbin sejak tahun 1995.Festival dibuka secara resmi tanggal 5 Januari, dan berlangsung selama sebulan penuh. Walaupun demikian, pameran pahatan salju di Taman Pulau Matahari (Taiyang Dao Gongyuan) sering dibuka lebih awal di bulan November, dan masa pameran diperpanjang semasa es dan salju belum mencair.
Pameran diadakan di 3 lokasi utama, Taman Pulau Matahari untuk pahatan es dan salju, Dunia Salju dan Es (Bingxue Gong) untuk replika bangunan dari balok-balok es dan salju, serta Taman Zhaolin untuk lampion es. Pameran dimeriahkan dengan lampu berwarna-warni, musik, dan pesta kembang api. Acara yang diadakan selama festival termasuk acara berenang di air es Sungai Songhua, pertandingan hoki es, sepak bola di lapangan es, turnamen invitasi ski alpin. Selain itu, panitia juga mengadakan lomba memahat es, lomba skat es, menulis puisi, festival film, berbagai pameran, dan upacara pernikahan di atas es. Festival ini diiikuti pemahat es dan salju dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Singapura, dan Rusia.


Di antara kegiatan olahraga selama festival adalah Ski Alpin Yabuli, berenang di Sungai Songhua, dan pameran lampion es di Taman Zhaolin. Harbin pernah menjadi penyelenggara Asian Games Musim Dingin tahun 1996. Selain itu, Harbin telah ditetapkan sebagai tuan rumah Universiade Musim Dingin tahun 2009.

So.. tunggu apa lagi, segera agendakan Harbin dalam daftar kunjungan wisata anda saat berkunjung ke China. Nikmati sensasi dinginnya musim salju di kota Harbin ...

sumber : wikipedia 

0 komentar:

Posting Komentar