Minggu, 20 November 2011

Guilin, Keindahan alam China bak serasa di kahyangan

Negara China cukup banyak tempat wisata yang kita dapat kunjungi, mulai dari kebudayaannya yang sangat terkenal hingga keseluruh dunia, hingga pemadangan alamnya yang begitu indah dan unik untuk dilihat. Guilin merupakan salah satu tempat wisata di China yang patut untuk dikunjungi, karena keindahan alamnya yang begitu mengandung keajaiban dunia. Kita mungkin cukup sering melihat lukisan-lukisan China yang menggambarkan gunung-gunung tinggi dan sungai yang mengalir, bagaikan suatu pemadangan di kayangan, namun hal tersebut ternyata benar-benar ada dan nyata untuk dilihat.
Guilin adalah suatu daerah yang memiliki banyak gunung-gunung kecil yang menjulang tinggi dan memiliki aliran sungai yang panjang dan besar. Di Guilin kita dapat melihat pemandangan gunung-gunung yang dialiri sungai dengan sedikit kabut dan hawa yang begitu sejuk, sehingga hal ini membuat kita merasa benar-benar seperti berada di kahyangan.

Kota Guilin terletak di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, Tiongkok Barat Daya, beriklim sub-tropika, dengan hawanya nyaman dan turun hujan mencukupi. Suhu udara merata sepanjang tahun di Guilin kurang lebih 19 derajat celsius.

Guilin memiliki ekosistem yang terpelihara baik. Menurut penelitian geologis, kurang lebih 300 juta tahun yang lalu, Guilin masih tertutup dengan air laut yang luas. Dengan gerakan kerak bumi, batu berzat kaput yang mengendap di dalam bumi naik menjadi daratan, dan dalam proses kerusakan kerak bumi karena angin, hujan dan sebagainya, daratan itu pada akhirnya berwajah landskap karst unik yang kita lihat di Guilin sekarang ini, yaitu “hutan” puncak yang aneka ragam, gua stalactite dan sungai bawah tanah yang diselimuti suasana misterius. Geomorfologi yang istimewa itu beserta Sungai Lijiang yang indah, terbentuklah pemandangan alam yang mempesona di Gulin, yang terkenal di dunia dengan “gunung yang hijau, air yang jernih, gua yang istimewa dan batu yang indah.”

Kota Guilin yang bersejarah 2110 tahun mempunyai kebudayaan dan sejarah yang cemerlang, di mana terdapat 109 situs suaka benda budaya tingkat nasional, tingkat nasoional, tingkat daerah otonom dan tingkat kota yang tersebar di seluruh di kota Guilin.Gunung-gunung yang menjulang tinggi tersebut selalu ada menghiasi daerah Guilin, baik di daerah-daerah pelosok hingga ke pusat perkotaan. Jangan heran bila kamu berada didalam pusat kota lalu menemukan gunung ditengah perkotaan tersebut. Pemandangan seperti ini sudah lumrah bagi warga setempat, tapi bagi pendatang tentunya hal ini cukup aneh dan menjadikan pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan. Penduduk Guilin berkisar 2 jutaan jiwa, dengan adab yang begitu ramah. Bagi para pendatang jangan merawa kawatir bila berkunjung ke Guilin, karena penduduk disana sangat ramah dan melakukan sesuatu tidak pamrihan.

Perjalanan dari bandara Liangjiang ke pusat kotanya berjarak kurang lebih 30 km. Kota Guilin tidaklah terlalu besar, berkategorikan kota berukuran sedang, bedahal nya dengan kota Shanghai atau Beijing yang sangat besar. Peradabannya pun Guiling bukannya merupakan sebuah kota yang moderen, keunikan Guilin hanyalah terletak pada keindahan pemandangannya. Lalu lintas terlihat lenggang, tidak ada macet, walaupun hilir mudik kendaraan bermotor terlihat sedikit berantakan namun masih terkendali dan aman. Kalau berbicara soal ketertiban lalu lintas mereka lebih baik dibanding negara kita, mereka masih mengenal sabar dan teratur mengantri di lampu merah.



Gunung-gunung di Guilin terdapat ribuan gunung yang bentuknya menjulang runcing keatas. Menurut cerita konon dulunya Guilin ini adalah merupakan dasar laut, karena adanya perubahan alam membuat peninggalan seperti banyaknya gunung-gunung kapur karst tersebut. Kalau melihat sejarah karena adanya perubahan alam seperti ini bisa jadi gunung-gunung kapur tersebut terbentuk dan sudah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu.

Selain gunung-gunung yang mempesona, Guilin juga memiliki sungai yang begitu indah, yaitu Sungai Li (Li Jiang) yang mengalir dari utara ke selatan. Keindahan panorama Guilin akan gunung-gunung dan sungainya ini sampai terlukis di mata uang China. Jadi memang benar-benar keindahan di Guilin membuat kita terpesona dan patut untuk dilihat.




Beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi:
  • Central Square
  • Kota Pangeran Jingjiang
  • Pagoda Bulan Matahari
  • Musium Guilin
  • Sungai Li
  • Bukit Hitam Taman Botanic
  • Taman Tujuh Bintang
  • Beruang Xiongsen dan Desa Gunung Harimau
  • Gunung Diecai
  • Buki Fubo
  • Elephant Trunk Hill
  • Peach Blossom River
  • Air Terjun Gudong
  • Gua Kupu-kupu
  • dsb

Disarankan, karena tempat wisata cukup banyak di Guilin, sebaiknya bisa menginap setidaknya 3 hari disini agar semua tempat-tempat wisata yang menarik dapat dikunjungi dan dinikmati. Agen-agen tur travel cukup banyak berada baik di bandara maupun di pusat kota, sehingga tidak sulit untuk kita dapat melakukan tur lokal disana. Dewasa ini, di Guilin terdapat 28 hotel berbintang, 18 biro perjalanan internasional, dan lebih seribu pemandu wisata bahasa asing. Selama beberapa tahun ini, lingkungan pariwisata di kota Gulin terus diperbaiki. Sekarang 40 rute penerbangan menghubungkan kota Guilin dengan kota-kota besar lain di dalam dan luar negeri. 

sumber : http://www.wisataduniakita,blogspot.com
               http://duniawisata.master.web.id

1 komentar:

Guilin memang bak khayangan. Berbagi artikel tentang Sungai Li di http://stenote-berkata.blogspot.com/2017/12/perjalanan-sepanjang-sungai-li.html
Liat juga video di Youtube di : https://youtu.be/XSWPEBUfdHY

Posting Komentar