Minggu, 20 November 2011

Bangkok, City of Angels



Berlokasi di tepi sungai Chao Phraya, Bangkok (atau disebut 'Krung Thep' oleh penduduk lokal), merupakan suatu paradoks yang mendebarkan. Ibukota Thailand ini memelihara warisan tua sekaligus menyambut terbuka hal-hal baru dengan antusias penuh.
Setelah menjadi ibukota selama lebih dari dua abad, Bangkok dalam 20 tahun terakhir ini telah menyaksikan banyak perubahan. Gedung pencakar langit membentuk pemandangan kota yang baru, Skytrain membelah kota dengan kereta cepatnya, dan kereta bawah tanah juga telah siap mengantar penduduknya beraktivitas.
Pilihan untuk berbelanja, bersantap malam dan hiburan juga terus bertambah, mulai dari yang khas dengan suguhan seni tari dan musik tradsional, sampai ke hiburan bertaraf internasional.
Berikut, beberapa tempat wisata yang perlu Anda saksikan:
a) Kuil dan Pusat Budaya
Ada lebih dari 400 kuil di ibukota Thailand ini. Yang terkenal antara lain:
- Grand Palace dan Wat Phra Kaeo
Merupakan tempat Emerald Buddha, dan istana Raja. Buka mulai jam 8.30 sampai 3.30 sore. Tiket masuknya 200 Baht, termasuk tiket masuk ke Vimanmek Mansion dan Coin Pavilion. Untuk lokasi ini, pengunjung harus mengenakan pakaian yang pantas dan harus mengenakan sepatu (termasuk wanita).
- Wat Mahathat
Dikenal sebagai Kuil Relik Agung, terletak di seberang Wat Phra Kaeo. Bagi yang berminat mempelajari meditasi Buddhis dapat belajar di sini, karena pelajaran meditasinya ada yang dalam bahasa Inggris.
- Vimanmek Mansion
Merupakan bangunan jati terbesar di dunia, dibangun tahun 1901 oleh Raja Chulalongkorn (Rama V). Menyimpan harta dan koleksi tak ternilai dari abad ke 19 dan awal 20, beserta museum kerajinan seperti nielloware, sutra Thai dengan berbagai desain unik, dan aneka perhiasan. Buka setiap hari dari jam 9.30 - 3.15 sore, dan menampilkan tarian tradisional jam 10.30 pagi dan 2.30 sore. Tiket masuk 50 baht. Diharapkan mengenakan pakaian yang pantas.
- Wat Pho
Di dekat Grand Palace, terdapat kuil yang dibangun di tahun 1688 ini sebagai tempat Reclining Buddha. Patung berlapis emas ini panjangnya 46 meter dan setinggi 15 meter, sedangkan mata dan kakinya dilapisi oleh kerang mutiara. Maksudnya mengenang saat Sang Buddha masuk Nirwana. Dahulu, Wat Pho merupakan tempat pendudukan umum pertama di Kerajaan Siam, dan sampai kini masih ada pendidikan pijat tradisional Thai yang sangat terkenal di sana. Buka setiap hari jam 8 pagi sampai 5 sore, tiket masuk 20 baht. Diharapkan mengenakan pakaian yang pantas.
- Wat Arun (Temple of Dawn)
Salah satu lambang kota Bangkok yang terkenal ini berada di tepi sungai Chao Phraya, dan memantulkan cahaya yang sangat indah karena dilapisi porselen.
b) Beberapa tempat menarik lainnya:
- Erawan Shrine
Di sudut jalan Ratchadamri dan Phloen Chit, terdapat patung pemujaan Dewa empat muka yang terkenal sakti. Banyak rombongan wisatawan yang khusus datang dari Jepang, Hong Kong dan Singapura untuk melakukan sembahyang di sini.
- Jim Thompson House
Sangat terkenal dengan koleksi sutra Thai yang indah dan lengkap. Museum pusatnya terletak di Soi Kasemsan 2 di Jalan Rama I. Tiket masuk 100 Baht dan buka dari Senin sampai Sabtu jam 9 pagi sampai 4 sore. Toko-tokonya juga terdapat di mal-mal utama.
- Perjalanan di sungai Chao Phraya
Di sepanjang sungai Chao Phraya, terdapat pos-pos pemberhentian. Tiket dijual di hotel Anda, atau Anda dapat membeli sendiri di pos pemberhentiannya. Bagi wisatawan, disarankan membeli tiket yang berlaku sepanjang hari. Salah satu pos terujung adalah tepat disamping pemberhentian BTS Skytrain di Saphan Taksin. Tersedia pula kapal untuk turis, lengkap dengan pemandunya. Anda dapat berhenti di berbagai tempat menarik, misalnya di Wat Arun, Golden Palace (pos Maharaja Pier), Chinatown, dan sebagainya.
Tersedia pula wisata tambahan ke klong (kanal) tua, menyaksikan kehidupan Thailand masa lalu. Setiap hotel di tepi sungai ini, misalnya hotel Royal Orchid Sheraton, Oriental, Shangri-La, Mariott, Peninsula, dan sebagainya, juga menyediakan acara santap malam romantis dengan kapal.
- Dusit Zoo
Kebun binatang ini terletak di Jalan Rama V, area Dusit, dekat Royal Plaza. Memiliki koleksi hewan Asia dan Afrika, serta dilengkapi bagian khusus anak-anak. Cocok untuk bersantai bersama keluarga. Buka setiap harijam 9 sampai 6 sore. Tiket masuk 30 Baht untuk dewasa, 10 Baht untuk anak-anak.
- Snake Farm / Queen Saovabha Memorial Institute
Snake farm ini terletak di dekat Rumah Sakit Chulalongkorn, di sudut Jalan Rama IV. Buka dari jam 8.30 sampai 4.30 saat hari biasa dan jam 8.30 sampai 12 siang saat hari libur. Anda dapat menyaksikan bisa ular ini diambil pukul 10.30 pagi dan 2.30 sore. Tiket masuk 70 Baht.
- Museum boneka Bangkok (Bangkok Doll Museum)
Terletak di Soi Ratchataphan, di depan Ratchaprarop Road, memiliki koleksi boneka Thailand dan asing. Buka setiap hari kecuali Minggu, dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Tiket masuk gratis.
- Dream World
Pusat rekreasi di Rangsit-Ongkharak Road dekat bandara ini cocok bagi keluarga, dengan miniatur lokasi legendaris, dan berbagai rekreasi modern. Tersedia SNOW LAND dan anak-anak dapat membuat manusia Salju, Main kereta luncur, dan iglo! Selain itu juga ada Hollywood Action, sungguh unik di Asia Tenggara! Buka setiap hari jam 10 sampai 5 sore (7 asat hari libur). Tiket masuk termasuk rekreasi 450 Baht.
- Safari World
Terletak di luar Bangkok, menuju Min Buri. Dibagi empat bagian: Safari park, Bird Park, Macaw Island dan Games Corner. Tiket masuk 400 Baht bagi dewasa dan 300 Baht bagi anak-anak. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

AKTIVITAS MENARIK LAIN:
- Thai Boxing
Terdapat dua stadion utama yaitu Lumphini saat Minggu, Selasa, Jumat dan Sabtu, serta di Ratchadamnoen saat Senin, Rabu dan Jumat. Olahraga ini sangat populer di kalangan rakyat Thailand.
- Meditasi Buddhis
World Fellowship of Buddhists (WFB) di Sukhumvit Road antara Soi 22 dan 24, merupakan tempat yang cocok untuk mempelajari Buddhisme Thai dan praktik meditasi. Untuk keterangan, hubungi tel. 66 2661 1284-7.
Tempat lain:
- International Buddhist Meditation Centre, di Wat Mahathat (66 2623 6326)
- Association for the Science of Creative Intelligence, di Sukhumvit Road, Soi 21 (66 2258 3257)
- Young Buddhist Association of Thailand, di Phetkasem Road (66 24123 1706)
- House of Dhamma, di Lat Phrao Soi 15 (662511 0439)
- Pijat Tradisional Thai
Pijat ini berasal sejak 2500 tahun yang lalu, sangat menenangkan dan menghilangkan keletihan otot dan memberi kebugaran bagi tubuh Anda. Cocok bagi pria dan wanita, dan terdapat pula sekolah pijat tradisional ini di Wat Pho (tel. 66 2221 2974), di mana terdapat kursus 2 minggu seharga 4500 Baht.

Selain di Wat Pho, pijat tradisional Thai dapat dinikmati hampir di segenap penjuru Bangkok - dapatkan pemijatan favorit Anda!




- Belajar Memasak
Untuk mempelajari masakan Thai yang sangat terkenal itu, silahkan hubungi:
- Thai Cooking School, di Oriental Hotel. (tel. 66 2437 6211)
- Modern Housewive Centre (tel. 66 2279 2831 - 4)
- Landmark Hotel (tel. 66 2253 4259)
- UFM Food Centre (tel. 66 2259 0620 - 30)
- Blue Elephant Cooking School (South Sathorn Rd. tel. 02 673 9353) 

sumber : www.wisatathailand.com

0 komentar:

Posting Komentar